Ciptakan Penulis Handal, Santri Qudsiyyah Dilatih Menulis


SEKITARMURIA.COM, Kudus - Dalam rangka menciptakan penulis-penulis handal, Puluhan santri Qudsiyyah Menara Kudus dilatih menulis dalam kegiatan TPJ (Training pers Jurnalistik) yang bertempat di Aula MA Qudsiyyah Menara Kudus Jawa Tengah pada Sabtu pagi (21/11/2020).

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala MTs Qudsiyyah Bapak Himmatul Fuad, M.S.I. dan diikuti oleh santri MTs dan MA Qudsiyyah Menara Kudus. Dalam kesempatan tersebut panitia menghadirkan dua narasumber yaitu Yusrul Wafa (Kontributor NU Online Jepara) dan M. Fahrur Riza (Literasi.id)

Dalam paparanya Wafa menjelaskan bahwa penulis bukanlah dilahirkan begitu saja, akan tetapi penulis itu perlu dilatih, diupayakan, dan dibiasakan. “Penulis bukanlah dilahirkan, melaikan perlu dilatih, dibimbing, diupayakan dan diistiqomahkan,” ujarnya

Lebih lanjut aktifis Paradigma Istitute ini menjelaskan, untuk bisa menulis dengan baik, penulis harus membiasakan diri untuk membaca dan menulis. “Seorang penulis harus banyak membaca, karena dengan membaca wawasan dia akan meningkat dan kualitas tulisannya juga akan meningkat,” terangnya 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Fahrur Riza, bahwa banyak orang-orang hebat yang namanya dikenang sampai sekarang karena banyak melahirkan karya. “Seperti KHR. Raden Asnawi, KH. Hasyim As’ari, Gus Dur, dll. Banyak menulis kitab maupun buku, sehingga nama dan karyanya sampai sekarang masih dipelajari dan dikenang,” katanya.

Mantan Pimpinan Umum LPM Edukasi UIN Walisongo ini menambahkan, banyak masyayich Qudsiyyah dan alumni-alumni Qudsiyyah yang sudah banyak berkarya. “Mbah Asnawi degan kitab fasholatan, mbah yahya arif dengan kitab addurusul falakiyyah, mbah sya’roni ahmadi dengan kitab faroidhussaniyyah, dan beberapa alumni Qudsiyyah Prof. Abdurrahman mas’ud, H. Nusron Wahid, mas rikza chamami, dan lainnya,” tandasnya. (Farhat Alfatin Muhammad/WA/FR)

Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment