16 Jurnalis Nasional Menjadi Pemateri TPJ Qudsiyyah


SEKITARMURIA.COM, YOGYAKARTA - Tidak seperti tahun-tahun sebelum, tahun ini Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ) Kudus bekerja sama dengan Alumni Qudsiyyah Yogyakarta (ALQY) menggelar acara Training Pers Jurnalistik di Pondok Pesantren Kaliopak, Bantul, Yogyakarta mulai (26-30/8/19) 

Kegiatan ini diikuti 24 Santri aliyyah Qudsiyyah Kudus, yang sebelumnya telah diseleksi beberapa tahap. Di antaranya test tertulis dan interview tentang jurnalisme. Sederet pemateri nasional menjadi pengisi dalam Training Pers Jurnalistik ini. Di antaranya,Kyai Jadul Maula (Budayawan), Nugroho Nurcahyo (Radaktur pelaksana koran harian Jogja) 

Kemudian ada Furqon U Himawan (Jurnalis Media Indonesia), Hairus Salim (Pendiri Yayasan LKIS dan Pendiri AJI Yogyakarta), Aguk Irawan (Penulis Buku Haji Backpacker), Bambang MBK (Jurnalis Jakarta Post), Magnus Hendratno (Fotografer Freelance), Iqbal Aji Daryono (Penulis lepas), Harish Firdaus (Jurnalis Kompas), Addi M. Iddhom (Jurnalis Tirto.id), Pito Agustin Rudian (Jurnalis Tempo), Olivia Lewi Prameswari (Kolomnis dan Dosen Komunikasi Atmajaya), Mahrus Ali (Peneliti Gender di Satunama), Zainal Anwar (Kolomnis dan Dosen IAIN Surakarta), Khoirul Anam (Kurator Seni) dan Saef Alam (Ilustrator). 

Ketua panitia TPJ, M Khasan Sumarhadi mengatakan, kegiatan TPJ kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mendapat arahan dari para alumni dan Pembina. “Sengaja kita laksanakan TPJ di luar Kudus (Yogyakarta, Red) karena dapat arahan dari alumni Qudsiyyah dan juga untuk merasakan suasana yang berbeda,” katanya. 

Lebih lanjut Khasan menjelaskan, acara ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat dan memperkaya wawasan kejurnalistikan santri Qudsiyyah untuk menghadapi perkembangan media digital yang semakin pesat. “Kami harapkan santri Qudsiyyah bisa menghindari informasi atau berita Hoaks yang sekarang ini marak terjadi,” pungkasnya.(KS/WA/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment