Kirab Banyu Penguripan, Spirit Membangun Persatuan

EM Nadjib Hassan (Ketua YM3SK) dan Abdul Jalil (Panitia SC) sedang menunjukan gentong untuk kirab.
Credit Foto: Ahmad/SM
Kudus, SEKITARMURIA.COM - Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) akan menyelenggarakan rangkaian acara besar pada tanggal 24-25 Maret 2019 M mendatang. Kegiatan yang bertajuk “Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara kudus” ini akan dilaksanakan di kompleks Menara Kudus selama dua hari penuh dari pagi hingga malam hari.

Salah satu acara yang menarik untuk kita soroti yaitu adanya kirab banyu penguripan. EM Nadjib Hasan, Ketua YM3SK ini menuturkan bahwasanya dalam cerita rakyat, dulu di bawah Menara Kudus ada sebuah banyu penguripan yang mana telah ditutup karena adanya pelencengan pemanfaatan air yang terjadi di Masyarakat. Seperti digunakan untuk pengobatan, mencari keberkahan ataupun yang lainnya.

Namun, Nadjib menambahkan adanya pelencengan pemanfaatan air yang terjadi di masyarakat bukan berarti sesuatu yang salah, mengingat adanya air zamzam yang juga dimanfaatkan oleh umat Islam. Artinya, hal tersebut sudah menjadi realitas sosial yang muncul di tengah masyarakat yang ada.

Dengan adanya banyu penguripan yang berada di Menara Kudus, Kemudian muncul lah air-air belik atau sendang baru di berbagai wilayah Kudus yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk pengobatan dan semacamnya.

Oleh karena itu, Kirab banyu penguripan sendiri mempunyai semangat merangkul persatuan untuk menghindari munculnya sebuah egosentrisme seakan-akan belik ataupun sendang air yang ada di berbagai daerah di Kabupaten Kudus itu berbeda-beda.

Nantinya akan ada sekitar 50 gentong air yang ikut memeriahkan festival banyu penguripan dengan arak-arakan yang diawali dari Alun-alun Simpang Tujuh sampai Masjid Menara Kudus. Gentong-gentong tersebut nantinya diisi air dari belik, sendang dan sumur mata air yang tersebar di daerah Kudus yang mempunyai sejarah historis dan daya linuwen untuk kemanfaatan bagi masyarakat setempat.

Festival banyu penguripan ini akan dilaksanakan pada senin (25/03/19) mendatang. Rencananya akan diikuti sekitar 2000 peserta kirab dan dihadiri oleh Bupati Kudus.(RK/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment