KH Sofiyan Hadi: Empat Hal yang Harus Dijaga dan Dihindari

Tausiyah KH Sofiyan Hadi dalam acara halal bihalal keluarga besar UMK
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Usai Lebaran (Idul Fitri) ini, saya berpesan agar umat senantiasa menjaga empat hal. Empat hal itu adalah tawadhu’, qana’ah, wara’ (wira’i) dan yaqin.

Demikian disampaikan KH. Sofiyan Hadi LC. MA., Pengasuh Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Desa Honggosoco, Jekulo, Kabupaten Kudus dalam acara halal bihalal keluarga besar Universitas Muria Kudus (UMK) di Auditorium Kampus setempat, Senin (3/7/17).

Hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran pengurus Yayasan Pembina (YP.) Uiversitas Muria Kudus, Rektor, para Dekan, dosen dan karyawan. “Ramadan telah lewat. Dan seiring dengan Idul Fitri ini, semoga kita semua masuk dalam kategori umat yang muttaqin, umat yang bertakwa,” pesannya.

Lebih lanjut Sofiyan Hadi menyampaikan, tawadhu’ atau rendah hati, merupakan salah satu ciri ketakwaan orang Islam. “Maka jadilah orang yang rendah hati, apapun jabatan yang Anda miliki,” katanya.

Hal lain yang disampaikan olehnya ialah, muslim itu harus bisa menjadi orang yang qana’ah (kaya hati). Lalu haru wara’ (wira’i), yaitu memastikan kehalalan apa yang dipakai dan dikonsumsi, serta harus yaqin. “Dalan berdoa, orang Islam harus penuh keyakinan,” tuturnya.

Diakhir tausiyahnya, KH. Sofiyan Hadi mengingatkan agar seseorang senantiasa menghindari ‘4 M’ yang merusak. 4 M itu adalah merasa berkuasa, merasa pandai (cerdas), merasa kaya, dan merasa ‘alim. “Empat hal ini harus dihindari,” pungkasnya.(Rosidi/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment