Ratusan Pelajar Ini Ingin Lestarikan Permainan Tradisional

Pelajar sedang asyik bermain permainan gobak sodor di lapangan Desa Rendeng Kota Kudus
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Ratusan pelajar terlihat sedang asyik bermain permainan tradisional di lapangan Desa Rendeng Kota Kudus. Ada yang bermain bakiak, gobak sodor, maupun satu langkah satu tujuan. Dari ketika permainan tradisonal tersebut terlihat sangat asing di zaman yang sudah modern ini.

Pelajar selama ini mungkin sangat jarang kita jumpai bermain permainan-permainan tradisional. Karena mereka lebih asyik dengan permainan-permainan yang lebih modern seperti halnya game online, Ofline, maupun yang lainnya. Atas terjadinya fenomena tersebut, PC IPNU-IPPNU kabupaten Kudus merasa perlu untuk membangkitkan dan melestarikan permainan-permainan tradisional melalui kegiatan festival dolanan tradisional.

“Harapan kami kegiatan bersifat kebudayaan ini ke depannya bisa dilaksanakan PAC IPNU-IPPNU maupun PR/PK IPNU-IPPNU se-kabupaten Kudus. Agar kebudayaan maupun permainan tradisional ini bisa dilestarikan lagi,” terang ketua PC IPNU Kudus Wahyu Saputro pada jumuah sore (10/3/17)
Pelajar sedang asyik bermain bakiak


Lebih lanjut Mantan Ketua PAC IPNU Jati ini menuturkan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Harlah IPNU ke-63 dan IPPNU ke-62 PC IPNU-IPPNU kudus. Adapun kegiatan ini diikuti oleh delegasi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU se-Kabupaten Kudus. “Ada delapan PAC yang mengikuti. Hanya satu PAC IPNU IPPNU Dawe yang belum bisa ikut karena sedang ada acara sendiri,” tutur pria berkaca mata ini.

Disamping itu, tambah yoyok sapaan akrabnya, kegiatan ini juga sebagai sarana menjalin komunikasi dan silaturrahim antara PAC IPNU-IPPNU se-Kabupaten Kudus. “Ketiga lomba ini lebih mengutamakan kekompakan. Disamping itu acara ini juga sebagai sarana silaturrahim antara PAC IPNU IPPNU Se-Kabupaten Kudus,” pungkasnya. (FA/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment