Terendam Banjir, Sejumlah Petani di Garung Kidul Kudus Gagal Panen

Sebagian sawah warga Desa Garung Kidul terendam banjir
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Guyuran hujan yang terjadi hampir setiap hari ini, membuat sebagian tempat mengalami musibah banjir. Seperti halnya di Desa Garung Kidul Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Akibat banjir yang merendam sebagian lahan sawah di Desa setempat, mengakibatkan sejumlah Petani mengalami gagal panen. Dari kejadian tersebut kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Seperti halnya Suhadi, salah seorang Petani yang mengalami gagal panen. Menurutnya, musibah banjir yang terjadi di sebagian lahan sawah Petani daerah setempat hampir terjadi setiap tahunnya. Namun belum ada upaya dari pemerintah untuk mengatasi banjir tersebut agar tidak terjadi lagi. “Padahal sudah saya usulkan beberapa kali,” harapnya.

Saat ditemui sekitarmuria.com, Suhadi mengaku rugi puluhan juta rupiah akibat gagal panin pada tahun ini. “Sawah saya lima kotak, satu kotak saya rugi 2,3 juta rupiah. jadi ya saya rugi sekitar 10 juta lebih. Padahal sebagian sawah saya sudah siap untuk panen,” katanya pada senin siang (13/2/17). 


Suhadi menambahkan lahan sawah miliknya gagal panen akibat terendam banjir sejak lima hari yang lalu. “Sawah saya kena banjir sejak tanggal 8 februari kemarin,” katanya kepada sekitarmuria.com.

Meski demikian, ia mengaku tidak kapok untuk menjadi Petani. karena baginya bertani merupakan pilihan hidupnya. Suhadi mengaku sudah sekitar 20 tahun menjadi Petani. lahan sawah yang ia garap juga bukan merupakan miliknya. “Milik Desa yang saya sewa pertahunnya,” ujarnya.

Tidak hanya Suhadi yang mengalami gagal panen, beberapa Petani lainnya juga mengalami hal yang sama. seperti lahan sawah yang ada di sekitar milik Suhadi. Dari pantauan sekitarmuria.com ada sekitar 500 meter persegi lebih lahan sawah yang terendam banjir. Dari kejadian tersebut, Suhadi dan beberapa Petani berharap dapat perhatian dan bantuan dari pemerintah. (WA/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment