Siapa Tokoh di Halaman Utama Google Hari Ini?

Halaman Utama Google Hari Ini (6/2/2017)
SEKITARMURIA.COM– Pada halaman utama Google hari ini (6/2/17) dihiasi dengan gambar seorang Tokoh Sastrawan Indonesia. Ya Tokoh itu ialah Pramoedya Ananta Toer yang tepat hari ini diperingati sebagai hari lahirnya.

Dikutip dari Wikipedia Pramoedya dilahirkan di Blora pada tanggal 6 Februari tahun 1925. Ia merupakan anak sulung dalam keluarganya. Ayah Pram adalah seorang Guru, sedangkan Ibunya seorang penjual nasi.

Nama asli Pram adalah Pramoedya Ananta Mastoer, sebagaimana yang tertulis dalam koleksi cerita pendek semi-otobiografinya yang berjudul Cerita Dari Blora. Karena nama keluarga Mastoer (nama ayahnya) dirasakan terlalu aristokratik, ia menghilangkan awalan Jawa "Mas" dari nama tersebut dan menggunakan "Toer" sebagai nama keluarganya.

Pram menempuh pendidikan pada Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama Kependudukan Jepang di Indonesia.

Selama Hidupnya, Pram telah menulis banyak karya yang sangat terkenal, diantaranya yakni Novel yang berjudul Tetralogi. Di mana novel tersebut terdiri dari empat judul, yaitu Anak Semua bangsa, Bumi Manusia, Rumah Kaca, dan Jejak Langkah.

Pram meninggal dunia pada usia ke-92, tepatnya pada tanggal 31 April 2006 silam. Menurut beberapa surat kabar nasional Pram Meninggal akibat komplikasi diabetes serta penyakit jantung. Sebagai peringatan ulang tahun Pram yang jatuh tepat hari ini, maka Google membuat ilustrasi seorang pria berambut putih, berkacamata, dan berkaus, dengan latar belakang sebuah abjad, dan sedang mengetik. Yang digambarkan seperti Pramoedya Ananta Toer (WA/SM)
Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment