Seminar Harmoni Indonesia, Saekhan: Indonesia Adalah Milik Bangsa Indonesia

Seminar Harmoni Indonesia, Dr M Saekhan Muchidh (dua dari kiri)
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Wakil Ketua STAIN Kudus, Dr M Saekhan Muchidh menekankan bahwa Negara Indnesia itu bukan milik Negara manapun, akan tetapi Indonesia itu milik bangsa Indonesia itu sendiri.

Hal ini ditegaskannya dalam acara seminar harmoni Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma bekerja sama dengan Pusata Studi Gender (PsG) STAIN Kudus pada kamis pagi (20/10/16) di aula Rektorat lantai tiga kampus setempat.

“Indonesia bukan Arab Saudi, bukan Malaysia, bukan Syuriah, Indonesia adalah Indonesia” tegasnya dihadapan puluhan peserta seminar.

Lebih lanjut alumnus Unissula Semarang ini menjelaskan bahwa, Negara Indonesia bukan hanya milik ormas maupun golongan tertentu saja, akan tetapi milik seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Indonesia bukan dimiliki oleh salah satu agama, bukan milik salah satu madzhab (aliran) tetapi Indonesia adalah miliknya bangsa Indonesia itu sendiri, yang secara factual Indonesia mengakui agama Islam; Kristen; Protestan, Hindu; Budha; dan Konghucu,” kata ketua IKA PMII Kudus ini.

Maka dari itu, tambah saekhan, tidak ada satupun agama yang punya hak melegitimasi untuk memilki Indonesia. “Orang islam walaupun mayoritas di sini (Indonesia) tidak punya kewenangan mengakui bahwa Indonesia miliknya orang Islam,” tambahnya

Saekan menambahkan, Kalau kita ingin menciptakan harmoni Indonesia, maka kesadaran yang pertama dan utama adalah harus ditata dulu kesadarannya. bahwa indonesia adalah milik orang Indonesia.

“Dalam kenyataanya adalah orang Indonesia adalah multi agama, multi etis, budaya, ormas, dan ideologi. Nah ini harus disadari bersama. Kalau kita tidak memahami itu, maka tidak akan terwujud harmoni Indonesia,” tandasnya. (WA/SM)



Google +

Admin sekitar muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment