Ikutilah Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Stasiun Kudus

Istimewa
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, sekaligus melestarikan tempat-tempat bersejarah di Kudus, komunitas Jenank(Jaringan Napak Tilas Edukasi Kabupaten Kudus) dan Omah Dongeng Marwah Kudus akan menggelar upacara detik-detik proklamasi besok pada kamis pagi (17/08/2017) di Stasiun Wergu Wetan, Kudus.

Upacara yang bertajuk Gelora Perjuangan Dalam Semangat Kemerdekaan itu akan dimulai pada Pukul 09:00 WIB dengan diikuti oleh seluruh anggota komunitas Jenank dan omah Marwah Kudus dan juga masyarakat umum. “Rencana upacara mengambil tempat di Stasiun Kudus adalah upaya mengenalkan generasi muda tentang tempat-tempat yang bernilai sejarah, utamanya di Kudus,” terang Edy Supratno, salah satu penggagas kegiatan tersebut.

Lebih lanjut sejarawan Kudus ini menjelaskan, Stasiun Kudus ini memiliki sejarah yang panjang, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan. “Dalam konteks sejarah, Stasiun Kudus memiliki nilai plus. Pertama terkait sejarah kemajuan zaman, yg kedua terkait sejarah perjuangan kemerdekaan,” tambahnya.

Menurutnya, Stasiun Kudus butuh perhatian dan dukungan dari berbagai pihak untuk tetap menjadi bangunan yang utuh. Untuk itu, kegiatan upacara ini dapat mengilhami berbagai kalangan untuk merawat dan mebudayakan bangunan-bangunan bersejarah sebagai edukasi yang tak akan punah.

“Stasiun Pernah menjadi kekejaman Belanda, saat agresi Belanda I, yang mengakibatkan 200 lebih peluru dari pesawat tempur Belanda menghujam tubuh Stasiun pada 21 Juli 1947, bekas peluru sampai saat ini masih bisa dilihat dan terpampang dengan jelas di kaca dan atap Stasiun yang berlubang,” pungkas Dosen STIBI Syekh Jangkung Pati ini.(Fahrudin/Wafa/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment