Dalam Pembelajaran, Ini yang Harus Diperhatikan Seorang Dosen

Para Dosen mendengarkan pemaparan pemateri
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Dalam memaksimalkan perannya, seorang dosen harus memperhatikan 5 M dalam pembelajaran, yaitu harus menyenangkan, mengaktifkan, mencerahkan, mendidik, serta memandirikan.

Hal ini tegaskan oleh Prof. DYP. Sugiharto M.Pd. Kons (Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah) saat menyampaikan materi dalam pelatihan Applied Approach (AA) di Lantai IV Ruang Seminar Rektorat Kampus UMK, Senin – Kamis (7-10/8/2017).

Dalam kesempatan tersebut Prof. DYP. Sugiharto M.Pd. Kons menyampaikan materi yang berjudul “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. Menurutnya, seorang dosen harus memiliki tiga peran penting, yakni sebagai sumber belajar, Fasilitator, dan motivator.

Dosen, sebagai pendidik profesional dan ilmuwan, memiliki tugas utama antara lain mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana dimanatkan UU Guru dan Dosen.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan dan Kemampuan Berbahasa Asing

Pelatihan Applied Approach (AA) tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan (Lemdik) Universitas Muria Kudus (UMK) bekerja sama dengan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Sebanyak 43 dosen mengikuti pelatihan tersebut, selain dari UMK sendiri, belasan peserta datang dari dua perguruan tinggi lain di Kudus, yaitu Stikes Muhammadiyah Kudus dan juga Stikes Cendekia Utama Kudus.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS. Hadir dalam kesempatan tersebut, Prof. DYP. Sugiharto M.Pd. Kons (koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Dr. Murtono M.Pd (Wakil Rektor I UMK), Rochmad Winarso ST. MT. (Wakil Rektor III), dan Rina Fiati ST. M.Cs (kepala Lemdik).

David Laksamana Caesar, salah satu peserta pelatihan dari Stikes Cendekia Utama Kudus mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat penting untuk memberi pengetahuan bagi para dosen agar mengajar dengan profesional.

“Pelatihan ini menarik, karena memberikan tantangan bagi kami agar menjadi dosen profesional, dan dapat memberikan pembelajaran yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat,” ungkapnya. (RD/WA/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment