Lulusan PBI UMK Punya Peluang Berkarier Internasional

Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Nuraeningsih bersama dua narasumber dari Amerika
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Sebenarnya banyak peluang yang bisa diambil para lulusan Prodi PBI untuk berkarier di dunia internasional. Sehingga yang harus dilakukan kemudian, bagaimana meningkatkan kapasitas untuk merebut peluang jadi pengajar (guru, red) di dunia internasional, dan jangan hanya berpikir bagaimana jadi guru lokal saja.

Hal ini ditegaskan oleh Nuraeningsih, kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) dalam acara kuliah tamu yang bertajuk “do You Want To Be International English Teachers?” di kampus setempat pada Jumat (28/7/2017) lalu.

Kuliah tamu yang diikuti sekitar 120 mahasiswa tersebut menghadirkan dua pakar asal Amerika Serikat (AS) yaitu, Kate Boyens BA. M.S.Ed. dan Elicia Blackford BA. M.Ed. dua pakar asal Negeri Paman Sam itu hadir di UMK atas kerja sama Prodi PBI FKIP dengan alumni Internasional Leaders in Education Program (ILEP).

ILEP merupakan program bagi guru Indonesia, untuk mengembangkan kemampuan pedagogignya. Lembaga ini dikelola oleh International Research & Exchanges Board (IREX) di bawah pemerintahan AS. 

“Kate Boyens dan Elicia Blackford sedang di Indonesia untuk road show, ceramah ke sekolah-sekolah. Keduanya berkenan menjadi narasumber kuliah tamu di UMK berkat kerja sama UMK dengan ILEP,” kata Nuraeningsih.

Sementara itu, Elicia Blackford, dalam paparannya, menyampaikan betapa pentingnya meningkatkan (membangun) kapasitas. “Urgensi dari pentingnya peningkatan kapasitas itu, karena pendidikan selalu berkembang, dunia yang terus berubah dan adanya perkembangan pola pikir manusia,” jelasnya.

Pengajar di Madison High School in Portland, Oregon itu menambahkan, Peningkatan kapasitas untuk pengembangan profesi ada banyak hal. “Yang dibutuhkan untuk peningkatan kapasitas tersebut, antara lain memiliki kemampuan memimpin, senantiasa meningkatkan wawasan dan pengetahuan, serta melakukan kolaborasi dan networking,” paparnya.

Kate Boyens, narasumber lain, pada kuliah tamu tersebut mengulas tentang “Teaching English to Young Learners”. Dengan gaya yang santai, Kate lebih menekankan penyampaiannya pada hal-hal tekni, bagaimana mengajar Bahasa Inggris untuk anak usia Sekolah Dasar (SD). (RD/WA/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment