Inilah Cara Membentuk Keluarga Kuat, Peduli dan Solider

Arist Merdeka Sirait menyampaikan materi
SEKITARMURIA.COM, KUDUS – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Pusat Studi Gender (PSG) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar seminar nasional di Auditorium Kampus UMK pada Sabtu (22/7/2017) lalu. 

Seminar yang dihadiri lebih dari 500 peserta dari berbagai sekolah dan institusi di Kudus dan sekitarnya ini terselenggara atas kerja sama antara PSG UMK Kudus. Dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Kudus, dan Jaringan Perlindungan Perempuan dan Anak (JPPA) Kabupaten Kudus.

Dalam kesempatan tersebut, Panitia menghadirkan Tiga narasumber, yaitu Arist Merdeka Sirait (Komisi Nasional Perlindungan Anak), Dr. Any Ismayawati SH. M.Hum (JPPA Kabupaten Kudus) dan Dr. Sri Utaminingsih (ketua PSG UMK). Seminar dimoderatori Dr. Mamik Indaryani MS. (ketua Lembaga Penelitian/ Lemlit UMK).

Arist Merdeka Sirait, mengutarakan, betapa pentingnya memahami anak, yakni dengan memahami keunikan-keunikan perkembangan perilaku pada anak dan membuat pola pengasuhan yang sesuai dengan karakternya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang mesti dilakukan, dalam upaya membentuk keluarga yang kuat, peduli dan solider terhadap orang lain. Antara lain, menjangkau hati. Yaitu mengembangkan perangkat strategi berbasis hati untuk memaksimalkan pertumbuhan anak.

Selanjutnya melibatkan interaksi spiritual, yakni memanfaatkan kekuatan interaksi spiritual dalam keluarga melalui ibadah; lalu mengembangkan spiritual dan moral, dengan menekankan motivasi internal melalui pengembangan spiritual dan moral.

“Selain itu, adalah mengelola emosi, yaitu mengidentifikasi strategi spesifik untuk mengelola kemarahan dan bentuk emosi lainnya pada anggota keluarga, serta membangun rasa hormat yang bertujuan memperkuat hubungan dalam kehidupan keluarga,” terangnya.

Sementara itu, Dr. Any Ismayawati SH. M.Hum pada kesempatan itu menyampaikan makalah berjudul “Peran JPPA Kabupaten Kudus dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak” dan Dr. Sri Utaminingsih memaparkan materi mengenai “Pembelajaran yang Memberdayakan”. (Rosidi/Wafa/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment