KKN STAIN Kudus Hijaukan Batangan Pati


SEKITARMURIA.COM, PATI - Jalur transportasi Pantai Utara Jawa (Pantura) yang melalui wilayah Kecamatan Batangan Pati, membuat kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang ini terpapar polusi udara yang cukup tinggi, mengingat volume kendaran yang melalui jalur ini jugasangat tinggi. Demikian disampaikan Rini dari Balai Pengelola Hutan (BPH) wilayah 2 Pati. Di Kantor Kecamatan Batangan, Selasa (17/5/2017) kemarin.

Untuk itulah ia mengapresiasi program penghijauan lahan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STAIN Kudus tahun 2017. “Upaya (penghijauan) ini patut diapresiasi, sebab wilayah Batangan ini dilalui jalur pantura sehingga udaranya panas,” ungkapnya.

Masih menurut Rini, dengan adanya gerakan menanam pohon ini tentunya akan menjadikan daerah Kecamatan Batangan lebih sejuk dan juga hijau. Sebagaimana visi Gubernur Ganjar Pranowo agar Jawa Tengah ijo royo-royo.Selain itu, tanaman-tanaman keras (hutan) yang akan ditanam ini juga bisa sebagai upaya konservasi tanah maupun air. 

Sementara itu Camat Batangan, Supat mengingatkan mahasiswa KKN agar mau melestarikan tanaman, tidak hanya sebatas menanamnya saja. “Menanam pohon itu mudah, tetapi merawat dan melestarikannya yang susah,” terang pria berpenampilan santai ini. 

Cinta Alam

“Gerakan tanam pohon ini sebagai upaya mengurangi pemanasan global yang terjadi, selain itu sebagai cara kita untuk mencintai alam,” terang Kordinator Kecamatan (Korcam) Batangan, Eko Purnomo.

Untuk mengawali gerakan tanam pohon ini, kemudian dilakukan simbolisasi penanaman pohon oleh Camat Batangan, BPH wilayah 2 Pati, Koramil Batangan dan juga Polsek Batangan di halaman Kantor Kecamatan.

Setelah simbolisasi, sebanyak 1500 bibit pohon berbagai jenis ini didistribusikan ke seluruh desa-desa di wilayah Kecamatan Batangan, untuk kemudian ditanam di lahan-lahan kritis maupun pekarangan rumah yang masih kosong. (Achmad Ulil Albab/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment