KH Hasyim Muzadi Wafat, Presiden Jokowi: Bangsa Ini Kehilangan Ulama Penjaga Kebhinekaan

Presiden Jokowi mengoleskan minyak kayu putih di kaki kiri KH Hasyim Muzadi

SEKITARMURIA.COM – Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi pada kamis pagi (16/3/17) di Malang Jawa Timur. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu merasa kehilangan salah satu Ulama penjaga Kebhinekaan.

Hal itu dituliskan Presiden Jokowi melalui akun facebook miliknya pada kamis (16/3/17). Dalam facebooknya tersebut, Jokowi mengunggah foto kenangan dirinya saat masih bersama KH Hasyim Muzadi.

Dalam foto yang diunggahnya itu, baik Jokowi maupun KH Hasyim Muzadi sama-sama menggunakan kemeja putih. bedanya KH Hasyim Muzadi menggunakan peci, sedangkan Jokowi tidak. Jokowi terlihat mengoleskan minyak kayu putih di kaki sebelah kiri KH Hasyim Muzadi saat mereka sedang duduk bersama dalam satu kursi.

“Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi,” tulis Jokowi


Mantan Walikota Solo itu merasa kehilangan sosok ulama yang selalu menyerukan tentang persatuan dan kesatuan. Selain itu menurut Jokowi, KH Hasyim merupakan salah satu ulama yang selama hidupnya didedikasikan untuk kemajuan bangsa dan Negara.

“Bangsa ini kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan. Seorang tokoh yang sebagian hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya. Ia pernah memimpin Nahdlatul Ulama seraya terus mengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam di Malang, dan sampai akhir hayatnya masih menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.” tambahnya

Jokowi menutup status facebooknya dengan mendo’akan KH Hasyim Muzadi agar husnul khotimah. “Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya, dan keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah. Selamat jalan, Kiai Hasyim ...” pungkasnya. (WA/SM)
Google +

Admin Sekitar Muria

Terima Kasih sudah membaca artikel di SEKITARMURIA.COM silahkan tinggalkan komentar maupun like untuk masukan buat tim redaksi. Kami juga menerima tulisan dari pembaca, dengan cara kirim melalui email kami sekitarmuria@gmail.com jangan lupa share artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment